Minggu, 23 Juni 2019

TOILET 4 - Bukan Sekadar Arsitektur



Marine Drive adalah boulevard sepanjang 3,6 kilometer di Mumbai Selatan di kota Mumbai, India. Jalan itu dibangun oleh mendiang dermawan Bhagojisheth Keer & Pallonji Mistry. Ini adalah jalan beton enam jalur berbentuk 'C' di sepanjang pantai, yang merupakan teluk alami.

Jalan tersebut menghubungkan Nariman Point ke Babulnath dan Bukit Malabar. Marine Drive terletak di tanah reklamasi yang menghadap ke barat-selatan-barat. Sebuah promenade terletak sejajar dengan jalan ini. Marine Drive juga dikenal sebagai Kalung Ratu karena, jika dilihat pada malam hari dari titik yang tinggi di sepanjang perjalanan, lampu jalan menyerupai tali mutiara di kalung.



Di sudut jalan pejalan kaki Marine Drive, terdapat toilet yang lebih mirip seni daripada infrastruktur. Toilet umum di tepai pantai yang ramah lingkungan dan berteknologi tinggi itu dirancang oleh Serie Architects yang berbasis di Mumbai. Tak mengherankan bila kemudian, toilet itu dimasukkan dalam UNESCO World Heritage Site.

Toilet itu sekarang menjadi 'pemilik' kebanggaan warga setempat. Toilet JSW-Samatech — yang secara informal dinamai ulang dengan Marine Drive Toilet (MDT) —mungkin merupakan tampilan paling berani dari kemitraan publik-swasta. 

Perusahaan konglomerat yang juga masuk di bisnis sanitasi  bergandengan tangan dengan badan kota, BMC, untuk membuat infrastruktut fungsionalitas yang keren. Tapi itu bukan yang pertama untuk JSW Group atau Samatech. Setelah berkolaborasi dalam proyek sanitasi perempuan di stasiun kereta Mumbai Central, mereka menjadi makin tertantang untuk lebih masuk ke usaha semacam itu.

Dari perspektif desain, toilet ini lebih masuk ke jenis struktur bangunan yang cocok untuk situs warisan. Tampilan estitisnya menambah fungsinya sebagai sarana public. Toilet ini seakan sebagai gagasan tentang toilet kota dan mengubahnya menjadi semacam ikon kota.

Bahwa toilet telah membuat pengunjung (dan penduduk) berhenti untuk melihat sebentar dan sebagai tempat untuk foto selfie menunjukkan kesuksesan dari sisi arsitektur. Bahwa daya dorongnya menuju keberlanjutan dapat, dan akan, membantu mencegah krisis lingkungan yang bahkan lebih buruk menunjuk pada tujuan semula dari pembangunan toilet itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar