Selasa, 21 Juni 2022

BERHENTILAH MENYALAHKAN BOS ANDA


Ternyata, orang-orang yang berprestasi tidaklah bekerja lebih keras. Mereka bekerja “lebih cerdas.” Apa itu bekerja lebih cerdas?

Edhy Aruman

Ketika konsultan pencarian eksekutif Susan Bishop membuka perusahaannya sendiri di New York City, idenya tentang bagaimana agar berhasil sudah jelas. “Rencana kami adalah mengalahkan pesaing yang lebih besar dan mapan melalui eksekusi yang luar biasa,” jelasnya. Untuk itu, “Kami hanya menerima  klien yang membutuhkan, dan kami berusaha membuat setiap klien sebahagia mungkin.”

Bishop percaya bahwa mengutamakan kebahagiaan kliennya akan menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih besar, dan selanjutnya membuat bisnis semakin besar.  Dia benar — sampai titik tertentu. Dengan mengatakan "ya" untuk sebagian besar permintaan, Bishop mendapati bahwa dia memiliki lebih dari cukup banyak klien.

Tetapi dia kekurangan waktu dan tenaga untuk melakukan pekerjaannya dengan baik. Selama beberapa tahun berikutnya, dia dan tim kecilnya melakukan pencarian dengan gaji rendah, bos yang sulit diajak kompromi, dan di lokasi yang tidak menarik. Dia berkembang melampaui keahlian intinya di media dan memasuki industri yang tidak dikenalnya dengan baik, seperti layanan keuangan dan produk konsumen. Belum lagi mereka harus berjuang untuk mendapatkan latar belakang pengetahuan yang diperlukan.

Karena usahanya yang tersebar di banyak area pelanggan, kinerjanya menurun. Penjualan dan keuntungannya datar, bahkan dalam beberapa tahun malah menurun. Marginnya merosot sekitar 15 persen, setengah dari perusahaan pencarian lainnya. "Stresnya sangat mengerikan," kata Bishop. “Saya merasa tertarik ke seratus satu arah yang berbeda.” Skor “fokus” -nya dalam penilaian survei kami menempatkannya di 20 persen terbawah dalam sampel 5.000 orang yang dilakukan Morten T. Hansen.

Hansen adalah profesor manajemen di University of California, Berkeley. Selama lima tahun dia mensurvei 5.000 karyawan perusahaan-perusahaan besar di AS. Hansen meminta responden menilai kinerja mereka sendiri, bos mereka, atau kinerja laporan langsung mereka dan menjawab serangkaian pertanyaan tentang kebiasaan kerja mereka.

Hasil penelitiannya, yang kemudian ditulisnya dalam buku Great at Work: How Top Performers Do Less, Work Better (Simon & Schuster, 2018), menyimpulkan bahwa ternyata, orang-orang yang berprestasi tidaklah bekerja lebih keras. Mereka bekerja “lebih cerdas.”

Apa itu bekerja lebih cerdas? Pertama, berhenti menyalahkan bos Anda atas kinerja Anda yang buruk. Banyak orang mungkin berpikir bahwa mereka terkunci dalam proses kerja yang ada dan menjadi tidak efisien karena atasan, organisasi, industri, atau posisi mereka dalam hierarki organisasi.

Akan tetapi seperti yang ditemukan oleh penelitian Hansen, banyak orang muda di banyak peran yang mampu mendesain ulang pekerjaan mereka untuk menciptakan lebih banyak. Artinya, dalam situasi ketebatasan itu, banyak juga orang bisa menjadi inovator kerja.

Hansen lalu merekomendasikan strategi yang dia sebut "lakukan lebih sedikit, lalu terobsesi." Idenya adalah untuk memusatkan perhatian pada beberapa prioritas utama dan membuang semua upaya Anda ke dalamnya.

Karyawan yang menjadi responden dalam penelitian Hansen dan bekerja dengan cara ini memiliki kinerja lebih baik, meski jumlahnya hanya 16%. Yang menarik, Hansen menulis bahwa 24% dari semua karyawan menyalahkan ketidakmampuan mereka untuk fokus pada kurangnya arahan atasan mereka atau kompleksitas organisasi yang lebih luas di perusahaan mereka.

Mereka mungkin benar. Kebanyakan orang mengetahui tentang bagaimana rasanya memiliki bos yang datang dengan membawa tugas baru setiap jam, sehingga tidak mungkin bagi karyawan atau stafnya untuk berkonsentrasi.

Dalam konteks inilah Hansen merekomendasikan untuk mengatakan "tidak" atau menolak setidaknya beberapa dari tugas baru itu. Seperti Bishop, banyak orang dengan cepat mengatakan ya biola mendapat tugas tambahan meski dia sendiri menyadari akan membuatnya tidak fokus.

Agen real estate tergoda memperluas areanya dengan untuk mengcover satu lingkungan lagi; para insinyur menambahkan satu lagi fitur produk; karyawan sumber daya manusia mengambil satu tugas lagi; pemasar setuju untuk membantu koleganya dengan kampanye. Padahal, mengambil lebih banyak tanggung jawab akan membuat mereka berada dalam situasi yang kurang menguntungkan.

Menolak tugas yang diberikan oleh atasan memang tidak mudah. Akan tetapi, bila hal itu dikomunikasikan dengan menunjukkan sesuatu yang lebih baik demi kepentingan perusahaan, penolakan tentu tidak akan berakibat negative. 

Sebagai contoh, seorang konsultan manajemen junior dalam penelitian Hansen mengatakan kepada seorang mitra di perusahaannya bahwa dia tidak dapat menangani proyek lain jika mitra tersebut menginginkan pekerjaan yang sangat baik. Mitranya setuju dengan gagasan konsultan tadi dan mundur.

Yang kedua adalah memaksimalkan usaha atau melakukan sesuatu dengan tujuan untuk melakukan lebih banyak usaha, bukan lebih banyak waktu. Salah satu kunci utama dari Great at Work adalah bahwa jumlah jam yang digunakan bekerja tidak terlalu berpengaruh pada kinerja atau setidaknya tidak sebanyak yang dikira banyak orang.

Bagaimana seseorang dapat lebih efektif dengan sedikit usaha?  Tahukah Anda, misalnya, bahwa 20 persen pelanggan bertanggung jawab atas 80 persen pendapatan? Bahwa 20 persen dari waktu kita merupakan 80 persen dari pekerjaan yang kita capai? Itu yang disebut sebagai hukum Pareto 80-20.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar