Minggu, 10 September 2017

Selamat Tinggal Web Mobile, Selamat Datang Aplikasi


Percaya tidak, dalam dua tiga tahun mendatang, merek dan biro iklan tidak lagi hanya berfokus pada Web seluler. Ini karena aplikasinya berkembang pesat dan iklan dalam aplikasi memberi kesempatan yang lebih baik kepada pemasar untuk menargetkan pemirsa yang tepat pada waktu yang tepat.

Ada fenomena menarik di Amerika sana yang mirip dengan Indonesia sekarang. Dalam beberapa hari belakangan ada perdebatan tentang menurunnya penjualan produk di Indonesia. Ada yang mengatakan karena penurunan daya beli, ada pula yang mengatakan karena pergeseran cara belanja masyarakat. Juli lalu, penjualan restoran di Amerika Serikat turun 2.8% atau 1,8 poin persentase dari bulan Juni.
Menurut data yang dirilis TDn2K berdasarkan survey penjualan mingguan oleh lebih dari 28.500 restoran AS senilai $ 68 miliar, tren penurunan Juli berarti sektor ini mirip dengan penjualan toko sejak Februari 2016. Bulan lalu, lalulintas atau pengunjung pelanggan toko turun 4,7% atau lebih buruk dari penurunan 3% di bulan Juni. Ini melanjutkan penurunan beruntun pengunjung toko yang mulai terlihat sejak Februari 2016.


Sebenarnya, tren penurunan mulai terjadi pada awal tahun 2015. Penjualan toko pada bulan Juli sebesar 4,2% di bawah bulan Juli 2015. Tren yang sebanding penrunan 8.7% selama periode dua tahun yang sama. TDn2K mengatakan bahwa pada awalnya diperkirakan situasi berubah karena industri ini sudah menunjukan pelemahan sejak tahun 2016. Nyatanya, pelemahan terus berlanjut.
Ada beberapa alasan ekonomi bahwa penjualan restoran menurun. Yang terpenting, pertumbuhan upah yang lamban telah menghambat pengeluaran konsumen. Tapi penurunan industri juga mencerminkan pergeseran kebiasaan konsumen. Secara khusus, konsumen telah menunjukkan preferensi untuk kenyamanan, yang berarti meningkatnya penjualan makanan siap saji di supermarket dan toko lainnya.
Sementara itu, toko kelontong sedang menyiapkan makanan siap saji mereka, pilihan lain membuat konsumen menjauh dari restoran. Kroger CFO Michael Schlotman, mengatakan bahwa kualitas alat makan baru perusahaan pada dasarnya adalah "sama seperti pergi ke restoran dan mendapatkan makanan ... tapi orang suka menyiapkan sesuatu di rumah dan mereka merasa mudah." Semua itu bisa disediakan oleh penyedia jasa makanan online seperti Blue Apron yang juga memakan penjualan restoran. Restoran menghadapi "persaingan dari makanan siap santap dari toko kelontong, perusahaan jasa pengiriman dan bahkan dari toko serba ada dan truk makanan," kata Victor Fernandez, direktur eksekutif TDn2K.

Sudah diakui secara universal bahwa ada perbedaan antara jumlah waktu yang dihabiskan orang untuk iklan seluler dan dolar yang dialokasikan untuk media mobile. Namun, kesenjangan ini menyempit karena pengiklan dan penjual semakin mahir menggunakan ponsel untuk menjangkau pemirsa mereka. Dibandingkan dengan mobile Web, iklan dan penjualan melalui aplikasi dapat memberikan solusi yang lebih baik untuk menarik perhatian konsumen yang ditargetkan dan mendorong mereka untuk berinteraksi tanpa gangguan.
Banyak perusahaan besar telah merasakan peluang yang ditawarkan oleh iklan dan penjualan melalui aplikasi. Misalnya, pada bulan September 2015, AOL mengakuisisi jaringan iklan seluler Millennial Media seharga $ 238 juta, yang membawa lebih dari 65.000 aplikasi kepada perusahaan, menurut Chad Gallagher, direktur mobile di AOL.
"Belanja iklan dalam aplikasi seluler benar-benar masa depan kategori iklan seluler. Menimbang bahwa orang-orang dengan akses ke smartphone atau tablet sekarang menghabiskan rata-rata tiga jam untuk mereka setiap hari dan 84 persen dari semua waktu smartphone dihabiskan dalam aplikasi, keterlibatan dalam aplikasi semakin penting bagi merek, pemasang iklan, pemasar, dan agen. , "Kata Gallagher. "Mereka tidak bisa hanya fokus pada mobile Web. Itu bukan di mana pertumbuhannya akan berlanjut tahun depan atau lima tahun lagi dari sekarang, "tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar