Sabtu, 05 Januari 2019

Cashless Society


Image result for GoPay Cashless Society

Jika abad ke-20 merupakan era uang tunai, cek, dan kartu kredit plastik, masuk era abad ke 21 ditandai dengan perkembangan sistem transfer elektronik yang pesat. Masing-masing berjalan pada platform yang berbeda dan menggunakan protokol serta infrastruktur jaringan yang berbeda. Kini transaksi pembayaran bisa dilakukan dimanapun, kapan saja melalui aplikasi di handphone atau gadjet lainnya.

Ketika saya pertama kali masuk ke dunia kerja pada tahun 1985, ATM adalah sebuah keajaiban bagi saya. Itupun saya jumpai di Sidney. Bersamaan dengan itu, masuklah kartu plastic dan hanya sebagian kecil meninggalkan uang tunai! Di beberapa lokasi di Sidney, orang kadang-kadang harus antri selama minimal 10 menit untuk menggunakannya, lebih cepat daripada layanan manual.

Konsep masyarakat tanpa uang tunai (cashless society) bukanlah hal baru. Konsep masyarakat tanpa uang didasarkan pada transaksi elektronik (e-transaction). Umumnya, transaksi tanpa uang tunai ini terkait dengan bank dan bank memiliki kontrol yang memadai atas transaksi. Dalam masyarakat di mana banyak orang tidak suka membawa mata uang dalam dompet mereka, orang-orang berpikir serius tentang pembayaran elektronik (pembayaran elektronik) melalui uang elektronik (e-money) dengan bantuan kartu elektronik (e-card) dan perbankan elektronik (e-banking).

Tahun 1961, seorang insinyur aerospace Simon Ramo memberi ceramah yang mendorong manfaat menjadi tidak punya uang tunai. Dia dapat melihat bagaimana informasi dapat mengubah cara orang menjalani hidup mereka dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pola pembayaran dan kelayakan kredit.

Tahun 1990an, bagi kebanyakan pelancong internasional dan peserta konferensi, kehidupannya bisa menjadi jauh lebih sulit bila tidak memiliki kemampuan membayar dengan kartu plastik untuk barang dan jasa yang dikonsumsi. Bagaimana tidak, sebagian besar maskapai penerbangan, jaringan kereta api, perusahaan penyewaan mobil, hotel dan restoran sudah terbiasa menerima pembayaran dengan kartu plastik, seperti halnya banyak pengecer dan outlet pedagang lainnya. Dengan melakukan itu mereka mengurangi kebutuhan konsumen untuk membawa uang tunai dalam mata uang lokal atau cek perjalanan.

Kartu internasional utama seperti Visa, Europay / MasterCard, American Express, Diners Club, dan JCB semuanya berusaha agar kartu pembayaran mereka diterima di berbagai gerai pedagang seluas mungkin. Meski harus diakui bahwa hanya Visa dan MasterCard, dua asosiasi kartu utama, yang pada tahun 1995, memiliki lebih dari 12 juta lokasi penerimaan di seluruh dunia, yang menerima pembayaran dengan kartu kredit dan debit yang meeka keluarkan. American Express memiliki 3,6 juta akseptor pedagang di seluruh dunia.

Meskipun kartu plastik diterima secara luas di seluruh dunia, pada tahun 1995, terdapat disparitas diantara negara-negara dalam memegang dan penggunaan kartu pembayaran plastic. Di Eropa misalnya, rata-rata setiap 100 orang dewasa, satu diantaranya memiliki kartu kredit. Sementara Inggris memiliki jumlah kartu terbanyak yang dikeluarkan, diikuti oleh Spanyol, negara-negara lain seperti Italia, Irlandia dan Yunani memiliki relatif sedikit kartu yang dikeluarkan.

Selain itu, setiap pasar juga memiliki variasi yang tinggi dalam jenis kartu yang paling dikeluarkan. Di sebagian besar Eropa, kartu debit adalah jenis kartu pembayaran utama yang digunakan. Namun, di Inggris, Prancis, Irlandia dan Yunani kartu kredit yang paling umum. Kartu charge, ketika ditemukan di setiap pasar, bukan yang paling banyak di negara mana pun, tetapi mereka menjadi alternatif pembayaran utama di sebagian besar Eropa.

Perbedaan signifikan juga ada pada frekuensi penggunaan dan nilai transaksi rata-rata pembayaran kartu plastic. Di Prancis dan Inggris, kartu plastik menjadi metode pembayaran yang umum untuk sebagian besar konsumen, sedangkan di tempat lain masyarakatnya menggunakan bentuk pembayaran yang lain, termasuk cek dan uang tunai. Pembayaran dengan kartu plastik jauh lebih jarang.

Fenomena itu menunjukkan bahwa pada tahun 1995 masih terdapat kesenjangan yang masih cukup besar dalam nilai rata-rata transaksi kartu antar Negara. Di sini banyak faktor ikut bermain, termasuk jumlah dan jenis kartu yang dipegang dan sifat jaringan pedagang penerimaan kartu lokal.

Misalnya, di banyak negara Eropa, penerimaan kartu saat itu tidak meluas ke outlet yang melayani transaksi bernilai relatif rendah, meski outlet itu sering dimanfaatkan oleh masyarakat. Outlet itu terutama adalah toko kelontong. Kombinasi dari faktor-faktor seperti ini yang menempatkan Swiss dan Italiaberada di posisi teratas daftar nilai transaksi rata-rata, sementara Perancis dan Inggris berada di ujung skala yang berlawanan.

Hari ini mahasiswa saya dapat mengakses dan berpisah dengan uang kontan mereka melalui GOPay, Flash, Brizzi, e-Money, GoPay, dan sebagainya. Mereka menggunakan aplikasi seluler dan layanan berbasis web yang memungkinkan pembayaran orang ke orang. Untuk membayar atas pembelian sesuatumereka tinggal mengetuk ponsel yang dilengkapi komunikasi ke terminal tempat penjualan. Mereka menggunakan lapak elektronik untuk membeli atau memesan sesuatu dan metode pembayaran satu klik ke pedagang online lainnya untuk melakukan pembelian secara daring.

Lusinan teknologi komunikasi tertanam untuk memfasilitasi transfer uang . Ada yang menggunakan teknologi komunikasi jarak dekat, identifikasi frekuensi radio (RFID), gelombang radio bluetooth,  magnetik, sinyal radio nirkabel (Wi-Fi), gelombang suara supersonik, barcode, QR code, dan representasi grafis lainnya yang dapat dipindai secara elektronik dengan menggunakan pemindai optik. Semua ini untuk memfasilitasi pembayaran yang efisien, tanpa gesekan, transfer nilai dari satu pihak ke pihak lain dan pembukaan dan penyelesaian transaksi-transaksi tersebut dengan cara cepat, aman, dan dapat diverifikasi.

Sekarang generasi cashless society masuk ke era yang lebih kompleks sekaligus sederhana.  
Kini jutaan penduduk dewasa di Indonesia yang memiliki smartphone, namun masih belum memiliki rekening bank. Sebanyak 33% mengaku terkendala oleh jarak dari lembaga keuangan modern. Padahal 69% dari populasi tersebut memiliki ponsel. Kondisi ini lah yang melatari lahirnya beberapa aplikasi pembayaran non tunai dalam bentuk app-based mobile payment platform.

Diakui atau tidak masyarakat Indonesia memang masih awam dalam aplikasi pembayaran non-tunai.  Penelitian Ipsos Indonesia, perusahaan riset pemasaran independen, terhadap 400 responden secara online panel pada 20-26 Agustus 2018, menunjukkan sebagian besar konsumen e-commerce adalah millenials (64%), orang-orang yang sudah menikah (62%), dan mereka yang aktif bekerja (86%).

Lebih dari setengahnya adalah lulusan universitas. Secara gender mereka seimbang, baik laki-laki ataupun perempuan, dan sebagian besar dari mereka tinggal di Jakarta (25%), Jakarta Pusat (17%), dan di Pulau Jawa (37%). Sebagian besar pembelanja e-commerce adalah dari kalangan ekonomi ke atas (81%)  dengan rata-rata pendapatan Rp3,3 juta per bulan. Perilaku belanja millenials (43%) maupun non-millenials (44%) sama-sama melakukan belanja di e-commerce minimal satu kali dalam sebulan.

Yang menarik adalah, dalam hal pembayaran mereka, transfer lewat ATM atau internet banking adalah pembayaran yang paling umum mereka gunakan saat bertransaksi online. Milenials biasa berbelanja saat siang menuju sore yaitu pukul 12.00-15.00, dan memilih berbelanja dari rumah (72%). Sedangkan non-Milenials rata-rata belanja mulai dari pukul 15.00 sampai malam.

Mengubah budaya uang tunai dan cek ke salah satu pembayaran Internet dan seluler adalah langkah besar. Persyaratan pertama adalah penjelasan tercetak yang sederhana, jelas, dan multi-bahasa tentang bagaimana teknologi akan digunakan. Kedua adalah komunikasi dan akses yang cepat, meski butuh sabar dan kejelasan, dan mudah dihubungkan. Ketiga adalah pernyataan online mingguan yang sederhana dari posisi akun sehingga pemegang atau pengguna bisa mengontrol penggunaannya. Jangan sampai misalnya, mereka merasa malu hgara-gara saldo mereka tidak mencukupi. Ini yang sering dijumpai di pintu tol pembayaran.

TCash misalnya, pertama kali diperkenalkan ke konsumen sebagai brand electronic money di tahun 2007 atau sekitar 11 tahun lalu di mana produk e-money masih belum awam di kalangan konsumen. Tantangan terbesar saat itu adalah produk TCash sendiri, yaitu bagaimana mengomunikannya supaya bisa diterima, dipercaya, dan digunakan user dengan aman, nyaman, dan mudah.

“Sebagai kategori produk baru saat itu, tantangan memperkenalkan TCash sangat besar. Selama enam tahun pertama TCash hadir sebenarnya kurang berkembang signifikan. Karena TCash muncul sebagai alat pembayaran elektronik tapi tanpa physical aspect yang bisa 'dipegang' oleh pelanggan. Itu kelemahan TCash saat itu,” ungkap  Puput Hidayat, Head of TCash Lifestyle Marketing & Customer Engagement TCash.

Sekarang tedapat banyak pilihan pembayaran tanpa uang tunai, dan kecepatan adopsi juga meningkat. Namun, beberapa tantangan yang ada termasuk masalah interoperabilitas di antara platform tertentu, biaya kartu dan biaya transaksi platform terkait terutama untuk UKM, dan masalah keamanan dan perlindungan data. Ada kebutuhan yang meningkat untuk membangun ekosistem dan platform tepercaya guna membangun kepercayaan konsumen untuk lebih mempercepat adopsi pembayaran digital.

Ini juga akan menjadi penting untuk menetapkan standardisasi lebih lanjut untuk meningkatkan kemudahan penggunaan bagi konsumen. Meskipun jelas ada banyak manfaat dalam menghasilkan uang tunai, akan ada kebutuhan untuk memelihara infrastruktur transaksi tunai untuk beberapa waktu untuk mendukung mereka yang berada dalam masyarakat yang mungkin perlu bergantung pada uang tunai sebagai cara pembayaran.

Di Singapura, menurut Philip Yuen, Chief Executive Officer Deloitte Southeast Asia and Singapore, adopsi  pembayaran tanpa uang relative lambat. Ini karena populasi Singapura yang menua, dengan mayoritas belum terekspos atau cukup pintar untuk menavigasi dunia digital.

Salah satu cara untuk mendorong penggunaan adalah dengan menggabung platform pembayaran dan  platform keterlibatan. Saat ini, Singapura memiliki beberapa platform pembayaran yang tidak banyak berhubungan dengan pengguna. Untuk mengatasi hal ini, Singapura melihat negara-negara seperti China dan Korea Selatan yang telah berhasil mengintegrasikan keduanya untuk mengembangkan satu platform di mana pengguna dapat memenuhi keterlibatan mereka (misalnya, berita, sosial dan mobilitas) dan kebutuhan pembayaran.

Pada akhirnya, untuk mencapai adopsi secara nasional, teknologi harus dikembangkan untuk memberi manfaat bagi masyarakat umum dalam hal kemudahan, kenyamanan dan keamanan, dan teknologi ini harus berevolusi untuk mengikuti perubahan sosio-ekonomi dan demografi. Ini adalah tentang menyerang keseimbangan yang tepat dan mengelola risiko yang terkait untuk memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal dalam masyarakat tanpa uang tunai.


10 komentar:

  1. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  2. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  3. e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663

    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia

    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785k yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440k telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"

    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus
  4. Nama:Teddy Liza
    status perkawinan: janda
    jumlah pinjaman:3.6 miliar rupiah
    tempat tinggal saya:. Palangkaraya
    email ku:::teddyliza2020@gmail.com
    kesaksian yang memotivasi saya whatsapp :;l+ 6281617538564
    tujuan pinjaman saya :Investasi / hutang

    Halo semuanya, sekarang dari (bahasa Indonesia [baˈha.sa in.doˈne.sja])/Malay, . Saya seorang janda dengan dua anak dan sejak Februari 2019 karena kebakaran dalam bisnis yang membanjiri bisnis saya dan saya mencoba mencari pinjaman dari bank saya, bank mengatakan dengan saya memiliki kredit buruk sehingga saya mencobanya dengan pemberi pinjaman lain di mana saya bodoh. Tetapi seperti yang Tuhan kehendaki, saya membaca kesaksian AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM di majalah bisnis, yang membantu bisnis dan individu dengan pinjaman besar. Saya mengajukan permohonan dan saya telah menerima pinjaman 3,6 miliar rupee dengan tingkat bunga sangat rendah 1% dan rencana pembayaran yang lebih baik. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa ada banyak scammer di sini. Ambil permintaan peminjam untuk biaya asuransi, Peminjam tidak memiliki sertifikat bisnis, Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapat pinjaman, peminjam Palsu tidak memiliki alamat kantor fisik. Peminjam palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya pajak, peminjam Palsu tidak memiliki situs web. Jika Anda mencari pinjaman, selalu minta pemberi pinjaman untuk situs webnya, karena banyak pemberi pinjaman palsu tidak memiliki alamat dan situs web. Jika Anda menginginkan pinjaman yang sah,Sukses hanya datang bagi mereka yang percaya pada diri mereka sendiri dan siap untuk menang. Saya tidak mengharapkan apa pun selain yang terbaik untuk Anda. Beralih ke tahap baru dalam hidup bisa menjadi proses yang menantang. Semoga Anda beruntung dalam semua upaya masa depan Anda, Anda akan menjadi hebat. ajukan sekarang.

    Aasimaha adila ahmed kontak pusat aplikasi pinjaman
    E-mail**aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    Whatsapp *********^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^+ 447723553516

    BalasHapus
  5. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

    TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
    Email: {anggaannisa1979@gmail.com}
    Twitter: [@AnggaAnnisa1]

    BalasHapus
  6. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  7. Hubungi kami:
                                                
                                                  WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                    Tel .... (+ 44) 7480 729811

    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang ditentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  8. instagram: Aasimahaadilaaloanfirm
    twitter: ... aasimahaadilaahmedloanfirm
    E-mel: aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com

             
    salla Llâhu ‘alayhi wa sallam, nama saya Neni Syahir, saya adalah korban penipuan di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp.65.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp. 5,5 miliar. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi dan bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan suami saya. saya tidak tahan lagi dengan hal ini. 4 November 2019 ini, saya bertemu dengan seorang teman lama di sebuah restuarant di Bandung yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. AASIMAHA ADILA MEMILIKI LOAN FIRM, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. Tolong, bantu saya untuk berterima kasih kepada ibu muslim yang memberikan pinjaman besar kepada pemilik perusahaan, pabrik burung hantu dan orang pribadi. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia, Jika Anda ingin pinjaman modal besar, Anda dapat menghubungi mereka dan melihat situs web mereka Anda perlu tahu bahwa ada banyak scammers di blog ini yang tidak memiliki situs web di google map, saya menawarkan pinjaman dengan tingkat sangat rendah 1% dan saya mendapat pinjaman dalam 1 jam. .
                                  Kontak Aplikasi pinjaman besar

    E-mel: *******aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    WhatsApp ::: ************ + 447723553516
    Email saya; ***************** nenisyahir@gmail.com
    Bismillâh ar-ra.hmân ar-ra.hîm

    BalasHapus
  9. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

    TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
    Email: {anggaannisa1979@gmail.com}
    Twitter: [@AnggaAnnisa1]

    BalasHapus
  10. Halo, saya Ryan Ceanic, pemberi pinjaman yang memberikan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk menghapus hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Kami membantu orang dalam kesulitan keuangan yang telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? tidak perlu mencari lagi karena kami ada di sini untuk menjadikan semua masalah keuangan Anda sebagai masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan dengan tingkat bunga 1%. kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan penerima. Untuk aplikasi dan informasi lebih lanjut, kirim balasan ke yang berikut ini
    Alamat email: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
    Whatsapps: +4915772501298

    BalasHapus