Minggu, 23 Oktober 2022

NINTENDO



Tahukah Anda bahwa Nintendo, perusahaan videogame ini didirikan pada 1889? Nintendo awalnya, selama bertahun-tahun merupakan perusahaan yang sukses membuat kartu permainan. Nintendo menikmati kesuksesannya selama puluhan tahun nyaris tanpa perubahan. Ia baru memproduksi mainan elektronik pertamanya (Beam Guns) pada 1970.


Kesuksesan gebrakan baru Nintendo ini segera terlihat. Dalam 20 tahun – sejak masuk kebisnis permainan, Nintendo beralih dari pabrik kartu permainan yang sukses menjadi perusahaan raksasa dalam videogame rumah. Pada 1989, tepat 100 tahun setelah berdirinya Nintendo, konsol videogame "Nintendo Entertainment System" menjadi alat mainan yang paling banyak dijual di Amerika.


 

Anda mungkin membayangkan, seberapa berat perjuangan pengelola Nintendo untuk mengawali perubahan drastis itu - dari kartu cetak pada ketas ke produksi konsol, microchip, dan program. Nintendo memproduksi kartu selama 80 tahun, dan sangat sukses! Artinya, selama itu Nintendo seakan masuk ke zone nyaman. Jadi mengapa harus repot-repot berubah?


 

Perubahan memang memiliki banyak konsekuensi. Perubahan memiliki makna harus mempekerjakan karyawan baru seperti ahli elektronik dan programmer komputer. Ini adalah investasi besar dan berisiko. Banyak orang di perusahaan Nintendo merasa gelisah dengan perubahan arah perusahaan itu.


 

Di setiap perubahan akan selalu ada penolakan. Beberapa orang lebih suka status quo. Yang lainnya takut kalau-kalau perubahan itu merugikan mereka: Ada yang menolak perubahan karena efeknya tidak bisa diprediksi. Misalnya, pembaruan teknologi di dalam organisasi, seperti komputer baru, mungkin menyebabkan beberapa karyawan menjadi gelisah.


 

Kenapa? Ini karena mereka harus mempelajari prosedur baru, menolak penginstalan sistem baru, atau lebih memilih sistem lama karena bagi mereka sistem baru adalah barang asing. Disinilah peran pemimpin sebagai agen perubahan dengan membuat dan memublikasikan keputusan yang mendukung rencana perubahan diperlukan. Ini berarti seorang pemimpin harus mempunyai dan mengartikulasikan visi tersebut. Pencapaian visi itu selalu melibatkan perubahan status quo.


 

Kepemimpinan dan proses belajar adalah saling melengkapi, kata John F Kennedy. Dalammodel komunikasi strategis, pembelajaran melibatkan upaya memahami situasi sebaik mungkin. Situasi disini termasuk organisasi dan pesaingnya.


 

Nintendo selalu berkaca pada pesaingnya. Yang menarik, pesaing utama Nintendo bukan hanya Sega, melainkan Sony bahkan Seiko. Sebagai salah satu perusahaan hiburan interaktif terkemuka, melalui perangkat permainannya, SEGA memberikan kontribusi bagi pengembangan bakat dan kreativitas di seluruh dunia. Perusahaan yang berkantor pusat di London itu memiliki studio Sports Interactive dan The Creative Assembly yang menghasilkan karya-karya pemenang penghargaan dan waralaba ikonik seperti Football Manager™, Aliens™, dan seri Total War™.

 

Hardlight, studio Inggris terbaru dalam keluarga SEGA, adalah tim berbakat di balik petualangan terbaru Sonic the Hedgehog™ di platform seluler Sonic Jump™ dan Sonic Dash™. Maskot landak biru SEGA yang sangat dicintai adalah merek global sejati yang beralih dari video game menjadi mainan, alat tulis, pakaian, dan banyak lagi.


Nintendo juga melihat Sony sebagai pesaing. Kenapa? Sejak didirikan pada tahun 1946, Sony selalu berusaha menciptakan produk dan menciptakan gaya hidup yang unik, menghadirkan emosi dan keajaiban baru bagi pelanggannya. Untuk menghadirkan kegembiraan dan hiburan yang lebih besar kepada orang-orang di seluruh dunia, selain elektronik, Sony telah memperluas area bisnis baru seperti Game, Gambar, Musik, Komunikasi Seluler, dan Layanan Keuangan. Sony percaya bahwa laju perubahan yang cepat saat ini adalah era dengan peluang dan kemungkinan tak terbatas.


Pesaing Nintendo lainnya adalah Nikon. Untuk keberlanjutan bisnisnya, Nikon melakukan lebih dari sekadar memproduksi kamera dan teropong. Teknologi Nikon dapat ditemukan pada peralatan yang digunakan untuk memproduksi semikonduktor yang penting untuk PC dan smartphone, serta perangkat yang mendeteksi kesalahan pada peralatan elektronik.


Teknologi Nikon adalah landasan kehidupan sehari-hari. Dukungan Nikon untuk penelitian medis berkisar dari perawatan kesehatan dan biosains hingga pengobatan regeneratif dan pengembangan obat inovatif. Peralatan Nikon digunakan oleh para peneliti yang mempelajari sel iPS hidup untuk menemukan aplikasi yang akan bermanfaat bagi masyarakat


Masih banyak lagi pesaing Nintendo. Seiko Holdings Corporation misalnya, adalah perusahaan induk Jepang yang memiliki anak perusahaan yang memproduksi dan menjual jam tangan, jam, perangkat elektronik, semikonduktor, perhiasan, dan produk optik. Seiko didirikan pada tahun 1881, Chūō, Tokyo, Jepang. Sebuah perusahaan induk Jepang dengan beberapa anak perusahaan, terdaftar di Bursa Efek Tokyo.


Seperti yang dilakukan pada tahun 1070-an, belakangan Nintendo melakukan perubahan bisnis. Nintendo kini tidak lagi berfokus pada penjualan produk perangkat keras seperti Nintendo Switch – Model OLED, dan Nintendo Switch Lite. Nintendo juga menjual perangkat lunak seperti Pokémon Brilliant Diamond dan Pokémon Shining Pearl. Penjualan perangkat keras game mereka masih tinggi. Di bagian lain, penjualan perangkat lunak lain juga tumbuh. Maret 2022 lalu, Nintendo melaporkan penjualan perangkat lunaknya tumbuh 1,8% menjadi 235,07 juta unit. Ini merupakan angka penjualan perangkat lunak tahunan tertinggi Nintendo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar