Minggu, 02 Oktober 2011

Marketing atau Public Relations?




Pekan lalu, saya terima email protes dari salah seorang anggota Perhumas dari Universitas Gajah Mada. Isinya, dia memprotes postingan saya ke milist iPerhumas yang terlalu berbau mareting ketimbang  public relations. "Kayaknya, milis ini milis tentang humas. Kok banyak kali postingan tentang marketing ya.
Orang humas memang perlu tahu marketing, tp jangan sampai pemikiran orang marketing mengkolonialisasi prinsip-prinsip public relations," tulisnya.

Terima kasih. Pertanyaan itu membuat saya makin terpacu untuk mencari tahu lebih tentang seluk beluk PR, sama halnya dunia marketing. Saya juga menyadari bahwa baik di perusahaan maupun konsultan publics relations saat ini menghadapi persoalan yang harus dipecahkan tentang hubungan antara PR dan marketing. Ini terutama perusahaan yang memiliki dua divisi tersebut. Di Amerika Serikat, istilah marketing public relations diciptakan untuk menggambarkan bahwa ada bentuk lain dari public relations.

Kesadaran akan kelestarian lingkungan dan meningkatnya harapan di kalangan publik terdidik dengan baik untuk mencoba dan memperbaiki lingkungan masyarakat  juga meningkatkan peluang baru bagi PR. Dua tantangan besar yang dihadapi banyak organisasi saat ini adalah bagaimana menunjukkan kepada media dan publik yang kritis bahwa mereka menghormati persamaan hak dan mereka ingin meminimalkan dampak terhadap lingkungan. 

Kebutuhan organisasi untuk dilihat sebagai perusahaan yang berperilaku baik – bukan hanya bisnis yang baik -- telah memunculkan apa yang sering disebut CSR atau corporate social responsibility, wilayah di mana banyak PR yang ingin terlibat. Trend ini tumbuh di banyak negara di mana perusahaan-perusahaan semakin tunduk pada tekanan eksternal yang memiliki agenda lingkungan sendiri - serta harus merespon keprihatinan domestik.

Wilayah ini memang masih belum bersinggungan dengan marketing. Public Relations adalah disiplin yang membangun dan memelihara reputasi, dengan tujuan memperoleh pemahaman dan dukungan dan mempengaruhi opini dan perilaku. Biasanya, PR berkaitan dengan berbagai kegiatan, dengan industri, amal dan sektor publik dan perdagangan. Bahkan banyak tidak memiliki link langsung dengan pemasaran (misalnya krisis manajemen, urusan peraturan).

Namun demikian, banyak PR konsultan saat ini menjadi semakin berorientasi pemasaran,
khususnya di bidang citra perusahaan dan merek. Ini karena mereka melihat keuntungan yang lebih besar dalam kegiatan ini. Thomas L. Harris menyebut aktivitas humas yang dirancang untuk mendukung pemasaran tujuan sebagai marketing public relations (MPR)

Tipe lain dari promosi yang berorientasi-konsumen yang telah menjadi sangat populer di akhir-akhir ini tahun adalah penggunaan marketing event. Sangat penting untuk membuat perbedaan antara peristiwa pemasaran dan sponsorship acara. Sebagai dua istilah, ini sering digunakan secara bergantian namun mereka mengacu pada kegiatan yang berbeda. Marketing event  adalah jenis promosi dimana perusahaan atau merek dihubungkan ke sebuah event atau dimana kegiatan bertema dikembangkan untuk tujuan menciptakan pengalaman bagi konsumen dan mempromosikan produk atau jasa.

Pemasar sering melakukan produk melalui marketing event dengan menghubungkan mereka dengan beberapa populer kegiatan seperti acara olahraga, konser, atau festival. Sebuah sponsor event adalah kegiatan komunikasi pemasaran terpadu di mana perusahaan sponsor yang sebenarnya mengembangkan hubungan dengan peristiwa tertentu dan menyediakan dukungan finansial sebagai imbalan atas hak untuk menampilkan nama merek, logo, atau iklan pesan dan diidentifikasi sebagai pendukung acara tersebut.

Marketing event sering mengambil bagian dari sponsor perusahaan kegiatan seperti konser, seni, sosial menyebabkan, dan acara olahraga. Keputusan dan tujuan untuk sponsor event sering menjadi bagian dari kegiatan PR organisasi.

Marketing event telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir begitu pemasar mengembangkan program pemasaran terpadu termasuk berbagai alat promosi yang menciptakan pengalaman bagi konsumen dalam upaya untuk merek mengasosiasikan mereka dengan gaya hidup tertentu dan kegiatan. Pemasar menggunakan kegiatan untuk membagikan sampel serta informasi tentang produk dan jasa atau untuk benar-benar membiarkan pengalaman produk konsumen.

Dalam kegiatannya, PR menggunakan publisitas dan berbagai tool lain - termasuk publikasi khusus, partisipasi dalam kegiatan masyarakat, pengumpulan dana, sponsor acara khusus, dan berbagai kegiatan-urusan publik untuk meningkatkan citra organisasi. Organisasi juga menggunakan iklan sebagai alat public relations.

Secara tradisional, publisitas dan public relations lebih dilihat sebagai supporting ketimbang proses primer dari sebuah marketing atau promosi. Tapi, bagaimana pun banyak perusahaan yang membangun PR seagai bagian integral dari strategi pemasaran dan promosi.

Word-of-mouth marketing yang menggunakan social media adalah sebuah hot issue yang patut dibicarakan. Ini merupakan salah satu bentuk publisitas. Persoalanya sekarang adalah siapa yan bertanggung jawab dalam menciptakan merancang event, publisitas? Divisi pemasaran atau PR?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar