Kamis, 19 Januari 2023

ANDA ITU PEMIMPIN YANG JENIUS ATAU PEMBUAT JENIUS?



ANDA TERMASUK PEMIMPIN YANG JENIUS ATAU PEMBUAT JENIUS? Kita semua memiliki pengalaman dengan dua tipe pemimpin yang sangat berbeda.

Tipe pertama, pemimpin yang memiliki kecenderungan menguras kecerdasan, energi, dan kemampuan dari orang-orang di sekitar mereka. Dia juga selalu harus menjadi orang yang terpintar di ruangan itu. Mereka ini adalah tipe pemimpin pembunuh ide, penghisap energi, pelemah bakat dan komitmen.

Di sisi lain spektrum adalah pemimpin yang menggunakan kecerdasannya untuk memperkuat kecerdasan dan kemampuan orang-orang di sekitar mereka. Saat para pemimpin ini masuk ke sebuah ruangan, bola lampu menyala di atas kepala orang, ide mengalir, dan masalah terselesaikan.

Inilah para pemimpin yang menginspirasi karyawan untuk mengembangkan diri untuk memberikan hasil yang melampaui ekspektasi. Dia adalah tipe pemimpin Multipliers (Pengganda).

Dunia membutuhkan lebih banyak pemimpn pengganda, terutama sekarang, ketika para pemimpin diharapkan untuk berbuat lebih banyak dengan lebih sedikit.

Di buku Multipliers: How the Best Leaders Make Everyone Smarter  yang menarik dan sangat praktis ini, pakar kepemimpinan Liz Wiseman dan konsultan manajemen Greg McKeown mengeksplorasi dua gaya kepemimpinan ini, secara persuasif. 

Mereka menunjukkan bagaimana Pengganda dapat memberikan efek yang sangat positif dan menguntungkan pada organisasi—menyelesaikan lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit, mengembangkan dan menarik bakat, dan menumbuhkan ide dan energi baru untuk mendorong perubahan dan inovasi organisasi.

Dalam menganalisis data dari lebih dari 150 pemimpin di dunia, Wiseman dan McKeown telah mengidentifikasi lima disiplin ilmu yang membedakan Pengganda dari Pengurang. Kelima disiplin ini tidak didasarkan pada bakat bawaan, meainkan pada keterampilan dan praktik yang dapat dipelajari oleh setiap orang untuk digunakan agar menjadi pemimpin pemberdaya, bahkan oleh Diminisher seumur hidup dan bandel sekalipun.

Studi kasus dunia nyata yang hidup serta tips dan teknik praktis menghidupkan setiap prinsip ini, menunjukkan kepada Anda bagaimana menjadi Pengganda juga, apakah Anda seorang manajer baru atau berpengalaman. B

ayangkan saja apa yang dapat Anda capai jika Anda dapat memanfaatkan semua energi dan kecerdasan di sekitar Anda. Dunia akan semakin berdaya, minimal karena diri kita menjadi pemimpin pemberdaya diri sendiri.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar