Sabtu, 22 Agustus 2015

Sharing Economy dan Pembangunan Ketahanan Pangan (2)

Dalam beberapa tahun terakhir, berkembang model bisnis sharing economy. Ini adalah suatu ekosistem sosiol-ekonomi yang dibangun sedemikian rupa sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran sumber daya manusia dan fisik. Ini mencakup penciptaan produksi, distribusi, perdagangan dan konsumsi barang dan jasa secara bersama oleh orang yang berbeda dan organisasi.

Tidak seperti bisnis lainnya yang melihat pasar dari satu sisi dimana peran produsen dan konsumen terpisah. Dalam model bisnis sharing economy, batasan produsen dan konsumen menjadi kabur karena pasar bukan lagi tempat pertukaran antara produsen dan konsumen tetapi tempat dialog dan interaksi antar aktor-aktor yang berkepentingan untuk meningkatkan nilai guna mencapai quality of life.

Kebijaksanaan pengembangan kolaborasi (sharing economy) rantai pasokan pertanian pangan diakui secara luas di seluruh Uni Eropa, di mana kebijakan pertanian dimaksudkan untuk memperkuat "hubungan antara produksi primer, industri pengolahan dan kegiatan ekonomi lain di sekitar pertanian" sebagai bagian dari strategi untuk mengejar pertumbuhan dan peningkatan lapangan pekerjaan, tidak hanya di peternakan "tetapi dalam industri dan perusahaan yang bergantung pada produksi utama pertanian (Fischer Boel, 2006).

Atas dasar pemikiran tersebut, lahirlah reformasi Kebijakan Pertanian Bersama (CAP) yang diadopsi  menteri-menteri pertanian Uni Eropa di Luxembourg pada tahun 2003. Mereka berusaha mereformasi CAP dengan cara yang memungkinkan petani Uni Eropa dan bisnis mereka menjadi lebih berorientasi pasar, kompetitif dan berkelanjutan, baik secara ekonomi dan lingkungan.

Pengenalan model pembayaran tunggal, decoupling dan dukungan produksi pertanian kemudian memerhatikan secara lebih khusus pada sektor daging sapi dan domba di Inggris, terutama di Skotlandia. Ini karena tingginya proporsi pendapatan petani yang berasal dari subsidi langsung untuk petani.

Fokus perhatian kini adalah melalui dukungan masa depan yang disediakan pemerintah - terlepas dari pertimbangan tingkat produksi dan apakah produksi akan jatuh -- secara khusus untuk bidang produksi yang lebih marginal. Pandangan industri yang berlaku adalah bahwa pemeliharaan produksi yang menguntungkan adalah sangat tergantung pada praktek pemasaran yang baik.

Dalam sharing economy, people (orang) menjadi jantungnya. Mereka adalah people economy yang berarti bahwa orang-orang itu aktif sebagai peserta. Para peserta dari sharing economy adalah individu, masyarakat, perusahaan, organisasi dan asosiasi. Orang juga termasuk pemasok barang dan jasa;  pencipta, kolaborator, produsen, co-produser, distributor dan re-distributor. Dalam sharing economy  orang menciptakan, berkolaborasi, memproduksi dan mendistribusikan secara peer-to-peer, orang-ke-orang (P2P).

Komunikasi yang terbuka dalam sharing economy adalah pusat efisiensi dan keberlanjutan dari sistem ekonomi ini.  Informasi dan pengetahuan dibagi bersama secara terbuka dan dapat diakses. Teknologi dan jaringan sosial memungkinkan aliran komunikasi mendukung berbagi informasi. Sistem ini mempromosikan pendidikan yang mudah diakses dari tingkat tinggi, melalui berbagai layanan yang beragam (baik negeri maupun swasta), yang memungkinkan semua orang untuk mengakses informasi, keterampilan dan alat yang mereka butuhkan untuk berhasil.

July 22, 2015 lalu, FarmLink memperkenalkan aplikasi komunitas berbagi online untuk memanfaatkan model bisnis ekonomi baru. Tujuannya adalah mengelola biaya peralatan pertanian dan membantu menghasilkan pendapatan tambahan yang dapat diinvestasikan kembali oleh masyarakat pedesaan di peternakan atau di daerah.

Menurut Sensus SUSDA 2012, petani memiliki mesin dan peralatan pertanian yang nilainya sekitar $ 244 miliar. Karena sifat musiman pertanian, banyak alat berat milik petani dan pengecer yang kurang dimanfaatkan selama sebagian besar tahun. MachineryLink Sharing menghubungkan pemilik peralatan pertanian dengan mereka yang membutuhkan tambahan kapasitas mesin, sehingga memberikan peningkatan fleksibilitas, arus kas dan pendapatan.

"Pertanian kini berada di tengah-tengah transformasi besar berikutnya, di mana pemikiran dan model bisnis baru yang telah merevolusi industri lain mulai masuk ke sektor pertanian,” kata Jeff Dema, presiden layanan petani FarmLink. "Dalam perekonomian pertanian yang dinamis ini, pengecer dan petani kini mulai memikirkan kembali salah satu dari belanja modal terbesar mereka, yakni peralatan pertanian."

Dengan pengalaman FarmLink selama 15 tahun dalam mendorong penggunaan peralatan untuk solusi problem panen pelanggan mereka, sharing MachineryLink menyediakan platform online yang memungkinkan akses ke berbagai pihak yang membutuhkan peralatan secara cepat. MachineryLink Sharing menghubungkan pemilik dan pengguna sehingga mereka dapat dengan mudah berkomunikasi tentang peralatan, dan melacak pengiriman dan pengiriman.

Penerapan awal antara masih terbatas dengan melibatkan koperasi, pengecer pertanian dan dealer peralatan telah kuat, karena sebagian besar tekanan keuangan yang dirasakan oleh banyak industri pertanian. Keinginan untuk sumber tambahan pendapatan adalah yang terpenting, dan kemungkinan menggunakan aset yang ada untuk menghasilkan uang ekstra adalah menarik.

Selain itu, kebutuhan aplikasi yang fleksibel dan akses ke pengguna peralatan yang terbatas mendorong adopsi model sharing ini. Platform sharing online The MachineryLink mencakup  peralatan pertanian seperti: sewa penyemprot, floaters, truk dan traktor dengan periode baik jangka panjang dan jangka pendek bila pengguna ingin menghindari sewa jangka panjang atau pembelian.

"Dalam setahun, rata-rata sprayer hanya digunakan kurang dari 60 hari. Akan tetapi, alat ini termasuk  salah satu investasi paling penting tapi mahal baik bagi pengecer atau petani," kata Dema. "Melalui pengenalan model sharing economy yang inovatif, FarmLink mendorong penggunaan aset peralatan penting secara lebih menguntungkan guna meningkatkan arus kas dan meningkatkan peluang investasi lainnya di pertanian baik untuk petani, dealer dan masyarakat pedesaan di seluruh negeri."

Karena penggunaan peralatan pertanian bervariasi sepanjang tahun menurut jenis tanaman dan lokasi, pengecer dan koperasi dapat berpartisipasi dalam penggunaan peralatan mereka ketika mereka membutuhkannya dan mendapatkan penghasilan pada saat mereka tidak membutuhkannya. Ini membantu memperceat pengembalian modal atas investasi peralatan dan mempercepat pertumbuhan bisnis. Pada gilirannya, penyewa memiliki akses ke persediaan peralatan yang lebih luas secara on-demand pada berbagai biaya yang disepakati untuk penyelesaian secara tepat jadwal kerja di lapangan.

Beberapa tahun lalu, bisnis ini sudah merasuk ke bisnis daging dan hewan. Seperti diketahui, jaringan rantai pemasaran ternak dan daging relatif ribet dan melibatkan perusahaan dari berbagai ukuran dan kegiatan. Dalam kegiatan ini termasuk peternak dan finishers hewan, organisasi pemasaran (termasuk pasar lelang ternak, di mana hewan dijual secara liveweight, dan koerasi pemasaran, agen dan dealer), prosesor utama (menyembelih, daging-cutting dan packing), sekunder prosesor (tukang catering daging dan produsen produk daging) dan distributor (pedagang, tukang daging tradisional, beberapa pengecer dan perusahaan pelayanan makanan).

Di Skotlandia, daging sapi dan domba termasuk bagian utama dari ekonomi pertanian. Masing-masing mewakili 27 persen dan 10 persen hasil pertanian pada tahun 2005, dengan daging sapi menjadi bagian terbesar dari industri pertanian (Scottish Executive, 2006a). Sebagai perbandingan, sektor daging sapi dan domba di-25 Uni Eropa mewakili 9,5 dan 2,1 persen output (European Commission, 2005). Total ada sekitar 13.300 peternak sapi dan 15.800 peternak domba Scottish Executive, 2006b).

Sementara produksi tersebar di seluruh negeri, ada konsentrasi ternak di daerah-daerah tertentu seerti di Skotlandia Selatan dan Barat serta Timur Utara. Untuk domba ada konsentrasi di Selatan dan Barat dan dataran tinggi.

Sebagian besar sapi dan domba – terutama yang siap potong - dijual secara langsung ke rumah potong ternak dengan hitungan bobot mati dan carcase, atau melalui pasar lelang ternak di mana harga ditentukan melalui sistem penawaran terbuka. Dengan satu pengecualian utama, beberapa pengecer mengamankan kebutuhan mereka melalui rumah potong yang pengadaan hewannya dihitung secara bobot mati.

Rumah potong hewan melakukan pengadaan melalui pasar lelang yang sebagian besar melayani tukang daging independen, grosir dan katering. Di Inggris pada tahun 2004, 77 persen dari sapi potong yang dijual langsung ke tempat pemotongan hewan secara bobot mati. Ini mencerminkan pentingnya penjualan daging sapi melalui beberapa pengecer, sementara untuk domba sekitar 62 persen. Di Skotlandia proporsi bobot mati kemungkinan sedikit lebih rendah karena jaringan yang kuat dari pasar lelang ternak.

Meskipun ada 30 pabrik pengolahan daging di Skotlandia, lima pabrik pengolahan daging menguasai  dua pertiga dari hewan-hewan yang dipotong. Penjualan daging sapi  di Skotlandia mencapai 180.000 ton daging sapi pada tahun 2005 senilai £ 460 juta, dan 27.500 ton daging domba senilai £ 85 juta. Daging didistribusikan secara luas di seluruh Inggris dan Eropa. Untuk daging sapi, sekitar 73 persen dari produksi 2005 didistribusikan ke bagian lain dari Inggris, sementara untuk daging domba, 44 persen diasarkan ke seluruh Inggris dan 25 persen diekspor.

Pemain utama perdagangan sebagian besar daging sapi di Skotlandia adalah gerai ritel yang menguasai lebih dari 70 persen produksi yang dijual ke beberapa pengecer independen pada tahun 2005. Dengan sekitar 56 persen daging sapi dan 64 persen daging domba ke pasar melalui beberapa pengecer, masing-masing 16 persen dan 13 persen melalui pengecer independen, 19 persen dan 8 persen ke industri pengolahan makanan dan perusahaan pelayanan makanan serta 9 persen dan 16 persen ke pedagang grosir.


Daging sapi dan daging domba Skotlandia dianggap sebagai produk berkualitas tinggi di pasar domestik dan internasional. Di Skotlandia, peternakan sapi menguasai sekitar 70 persen dari total peternakan,  sedangkan produksi daging sapi Inggris diperkirakan mencapai sekitar 50 persen berasal dari sapi turunan sapi untuk produksi susu nasional. Salah satu manfaat paling jelas dari merek Scotch, yang terdaftar sebagai Protected Geographical Indication, adalah bahwa sapi potong itu biasanya harganya 5-10 persen lebih mahal dari harga daging sapi di luar Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar